Lagu Cinta-Cintaan ala Rich Brian

Visual: Otong

Rilisan terbaru “Love In My Pocket” melantunkan cinta dengan ritme pop tahun 80-an.

“I got love up in my pocket and I don’t know what to do with it”

Kutipan lirik pembuka ini terdengar tak biasa dengan lirik subversif ala Rich Brian. Di lagu kedua bertajuk “Love In My Pocket”, Brian Imanuel tampak berbunga-bunga sekaligus bingung, mewakili rasa cinta yang sesak di dada namun tak tahu salurannya.

Rilisan kedua di tahun 2020 setelah single bertajuk “BALI” ini memang berbicara soal cinta-cintaan. Namun ia tidak sedang berkutat pada kisah cinta soal pasangan, apalagi pamer romantisme dengan pacar barunya Vanntey Heng. Brian berusaha menarik makna cinta dalam relasi manusia yang lebih luas. "Lagu ini adalah tentang bagaimana hidup dalam lingkungan yang banyak dengan cinta. Anda merasa layak untuk mendapatkannya, tetapi tidak tahu cara mendapatkannya," kata Brian dalam rilisnya.

Selain soal tema, lagu baru ini punya nuansa berbeda. Brian berani bereksplorasi dengan musik yang ngepop beserta karakter suara dinamis. Lagu ini lebih mirip pop dan funk tahun 1980-an dibanding musik terdahulu. Misalnya single “BALI” yang bernuansa tropis dan rancak. Begitu juga lagu-lagu album “Sailor” yang kaya akan pengaruh hip-hop dan rap.

Video klip kali ini juga sederhana. Tak ada rangkaian adegan, sekujur video klip hanya berisi Brian berlenggok dengan latar green screen. “Aku nggak bisa tur tahun ini. Jadi aku kehabisan uang untuk bikin video VFX (animasi) untuk video ini lol,” canda Brian. Single terbaru dari Rich Brian ini bisa diakses sejak 10 Juli kemarin dan dapat dinikmati melalui berbagai layanan streaming musik digital. Sejak video klip terbit di tanggal yang sama, 2,8 juta viewers YouTube telah menontonnya.

Pesona Brian tak luntur meski di era pandemi. Ia selalu menjaga brand storynya dengan baik, entah lewat karya atau marketing yang jitu. Ketika pertama kali dikenal, Brian dengan nama panggung Rich Chigga adalah bocah Indonesia yang berusaha menapaki karier musik di Amerika Serikat. Ia dikenal lewat single "Dat $tick" di tahun 2016.

Kesuksesan Brian di AS tidak lain dan tidak bukan karena kualitas. Ia kian bersinar saat bergabung dengan 88Rising ikut melambungkan karier Brian. Ia makin produktif dengan sederet single, kolaborasi (bersama XXXTentacion, Keith Ape), tur keliling dunia, hingga album debut berjudul Amen (2018) yang menggapai posisi pertama chart hip hop iTunes. Kemudian album terakhir berjudul Sailor.