Kuis: Seberapa Luas Pengetahuanmu tentang BLACKPINK?

Visual: Galih Kartika

Saatnya mengecek apakah BLACKPINK benar-benar ada di areamu.

Minim konten tapi segudang prestasi. Mungkin kalimat ini paling bisa mendeskripsikan grup yang beranggotakan Jisoo, Jennie, Rosé, dan Lisa. Berbeda dengan kebanyakan grup K-Pop lainnya yang merilis musik 4-6 bulan sekali, BLACKPINK hanya merilis musik satu tahun sekali sejak tahun 2017 hingga 2019.

Tapi jangan salah, meski hanya sedikit, lagu-lagu BLACKPINK konsisten memecah rekor. Di Billboard Hot 100, BLACKPINK hanya berkompetisi dengan dirinya sendiri di antara grup K-Pop perempuan lainnya. BLACKPINK jadi satu-satunya grup K-Pop perempuan yang mengisi Billboard Hot 100 setelah Wonder Girls di tahun 2009. Tiap tahunnya, BLACKPINK memecah rekornya sendiri lewat As If It’s Your Last (2017) di posisi 13 Billboard Bubbling Under Hot 100, Ddu Du Ddu Du (2018) di posisi 55, Kill This Love (2019) di posisi 41, dan How You Like That (2020) di posisi 33.

Di pertengahan tahun 2020, BLACKPINK menjadi artis perempuan dan grup dengan subscribers YouTube terbanyak di angka 43,3 juta, mengalahkan Ariana Grande dan Taylor Swift, serta One Direction. Selain itu, BLACKPINK juga menjadi artis K-Pop pertama dan hingga Agustus 2020 masih satu-satunya yang mampu menembus angka 22 juta pendengar bulanan di Spotify.

Kuis di bawah bisa jadi uji coba apakah pengetahuanmu sebagai BLINK seluas prestasi jebolan YG Entertainment ini atau setipis diskografinya. Selamat bersenang-senang.

Issue!

BLACKPINK vs BTS

BLACKPINK dan BTS tak pernah mendeklarasikan permusuhan. Adu popularitas antara keduanya hanya konsekuensi dari popularitas melangit yang tumbuh bersama penggemar fanatik.