Indonesia vs Israel: Siapa Bangsa Paling Religius?

Visual: Galih Kartika

Dalam survei berbeda, Israel dan Indonesia menyandang gelar sebagai negara paling religius.

Kereligiusan masyarakat Indonesia kembali dapat penghargaan. Dalam survei Pew Research berjudul The Global God Divide soal tingkat kereligiusan seseorang berdasarkan latar belakang negara, orang Indonesia mendapat skor yang cukup tinggi, mencapai 96.

Survei yang terbit 21 Juli lalu ini menunjukkan 96 persen responden Indonesia menganggap standar moral didapat dari kadar keimanan kepada Tuhan untuk dapat bermoral. Kemudian 98 persen responden Indonesia menganggap agama penting dalam hidup. Angka ini tidak berubah dari tahun 2007-2019, yang mana warga Indonesia meyakini kepercayaan terhadap agama berbanding lurus dengan moralitas yang mencapai angka 96-99 persen.

Padahal negara dengan populasi Islam terbesar di dunia ini tak menggunakan agama dalam sistem hukumnya. Tetap saja, kadar kereligiusan orang Indonesia berhasil melampaui negara Timur Tengah lain, seperti Tunisia (84 persen), Turki (75 persen), dan Lebanon (72 persen).

Survei yang melibatkan 38.426 orang di 34 negara menemukan rata-rata 45 persen penduduk dunia meyakini jika moral individu didasarkan pada kepercayaan mereka pada Tuhan. Ada 62 persen penduduk bumi yang masih meyakini pentingnya agama dalam kehidupan.

Riset ini sebenarnya berusaha mencari tahu alam berpikir seseorang terhadap kepercayaan mereka berdasarkan kondisi kehidupan sehari-hari, terlepas dari apakah sistem hukumnya menjalankan cara-cara yang dianjurkan agama yang dianut.

Terdapat faktor ekonomi yang melahirkan kereligiusan warganya. Misalkan Kenya, negara peserta survei dengan angka PDB paling rendah, memiliki tingkat kereligiusan sampai 95 persen. Angka kereligiusan terhitung kecil di negara-negara Eropa yang cenderung punya PDB lebih tinggi.

Namun, dalam survei lain yang mengukur citra sebuah negara dari sudut pandang orang luar punya hasil yang berbeda Negara-negara seperti Israel, India, dan Saudi Arabia yang lekat dengan masing-masing agama menempati posisi tertinggi. Israel dikenal sebagai negaranya orang Yahudi, India dengan Hindu, dan Saudi yang tegas mendaku sebagai negara Islam.

Menurut survei 2020 Best Country Rankings, Israel menempati peringkat pertama sebagai negara yang dianggap paling religius. Citranya berawal dari proses pendirian negara untuk mencapai cita-cita Zionisme agama Yahudi. Apalagi, sejarah panjang agama dunia dengan situs-situs kuno terletak di wilayah Israel.

Tapi, citra negara tak mampu menggambarkan alam berpikir orang Israel terhadap agama. Survei Pew Research di tahun 2019 menuturkan jika kepatuhan orang Israel terhadap agama terhitung rendah bila dibanding agama lain dengan angka 30 persen. Dalam survei Pew terbaru, ada 71 persen orang Israel yang menganggap Tuhan berperan penting dalam hidup mereka. Tapi, orang Israel yang menganggap ibadah lebih tidak penting sampai 54 persen.