Adu Kuat Popularitas BLACKPINK versus BTS

Visual: Galih Kartika

Keduanya sering salip menyalip rekor di YouTube dan Spotify. Manakah yang lebih populer?

April 2019, torehan rekor lagu teranyar BLACKPINK berjudul Kill This Love yang menembus rangking 4 Spotify Daily Top 200 Chart, melahirkan kecurigaan dari oknum fans BTS. Seorang Army menuduh Spotify menerima “suap” dari fans BLACKPINK agar lagu baru junjungannya panen jumlah pendengar. Spotify saat itu memang gencar mengiklankan Kill This Love dengan kerja sama promosi khusus, namun membantah jika iklan berpengaruh pada naiknya jumlah pendengar. Army penyebar kabar suap itu kemudian minta maaf.

Delapan hari setelah lagu baru BLACKPINK terbit, giliran BTS merilis lagu baru. Lagu berjudul Boy with Luv ini berhasil menorehkan rekor yang sama persis dengan lagu BLACKPINK. Kpop menorehkan catatan baru dengan dua karya dalam rangking 4 Spotify Daily Top 200 Chart.

Sejak saat itu, BLACKPINK dan BTS terus kebut-kebutan meraih penggemar. Sebut saja sepak terjang BLACKPINK yang mengoyak kedigdayaan musik barat di YouTube dan iTunes. Lagu BLACKPINK yang rilis tahun 2020, How You Like That, menggegerkan jagat YouTube dan menjadi video musik yang paling banyak ditonton dalam kurun 24 jam. Di iTunes, BLACKPINK menjadi artis perempuan yang menduduki posisi nomor 1 terbanyak (73 negara) di iTunes 2020, menggeser Lady Gaga

Video Musik Kpop yang Paling Banyak Ditonton di Youtube

Sumber: YouTube Data

Belum lagi torehan BTS sebagai satu-satunya artis dalam sejarah yang berhasil meraih posisi 1 di lebih dari 100 negara. Enam lagu BTS yakni Your Eyes Tell, Black Swan, dan Moon (BTS Jin), My Time (BTS Jungkook), Dynamite, dan Filter (BTS Jimin) sejajar dengan lagu Hello milik Adele yang pada tahun 2015 yang berhasil meraih posisi 1 di lebih dari 100 negara.

Di platform streaming YouTube dan Spotify, 10 video dan lagu grup KPop dengan stream dan tontonan terbanyak hanya diisi oleh BTS dan BLACKPINK secara bergantian. Jika posisi pertama di YouTube dipegang oleh BLACKPINK dengan lagunya DDu Du DDu Du (2018), puncak Spotify diraih oleh BTS lewat Boy With Luv (Ft. Halsey) (2019).

Streaming Lagu Terbanyak

Sumber: Spotify

BLACKPINK memang memenangi persaingan di kancah YouTube. Dari segi langganan, channel resmi BLACKPINK pada Juli 2020 berhasil meraih lebih dari 46 juta pelanggan dan menjadi artis perempuan dengan pelanggan terbanyak di YouTube, mengalahkan Ariana Grande dan Taylor Swift.

Penyumbang terbesarnya adalah video klip Kill This Love (2019) sebagai video yang memecahkan rekor penonton terbanyak dalam waktu 24 jam. Satu tahun kemudian, BLACKPINK kembali mengklaim posisi pertama lewat lagu barunya, How You Like That (2020).

Dalam dua kali rekor tersebut, BTS seperti enggan untuk membiarkan BLACKPINK menikmati rekor terlalu lama. Di April 2019, BTS datang dengan lagu pop cerianya, Boy With Luv (Ft. Halsey), yang berhasil mengambil posisi Kill This Love. Lalu pada 21 Agustus lalu, BTS menggeser How You Like That ke posisi kedua dengan lagu original berbahasa inggris pertamanya, Dynamite (2020).

Jumlah Subscriber YouTube BLACKPINK versus BTS

Sumber: YouTube API

Pencapaian ini juga menempatkan BLACKPINK sebagai grup dengan pelanggan terbanyak pasca mendepak One Direction. Secara umum BLACKPINK menjadi akun musik dengan pelanggan terbanyak ketiga sepanjang sejarah usai melampaui Ed Sheeran baru-baru ini.

BTS memang berada di posisi kedua dalam kategori artis KPop lewat channel-nya BANGTAN TV. Tapi perlu diketahui bahwa BTS tidak merilis video musik resminya di channel tersebut karena mereka menggunakan channel resmi label Big Hit Labels yang saat ini telah memiliki 39,6 juta pelanggan di YouTube.

Kejar-kejaran antara keduanya terus berlanjut ke angka pendengar bulanan di Spotify. Selama satu tahun terakhir hingga awal Agustus 2020, peak tertinggi berhasil diraih oleh BLACKPINK pada akhir Juli di angka 22 juta pendengar bulanan. Pencapaian ini sekaligus menempatkan BLACKPINK sebagai artis KPop pertama yang menembus angka lebih dari 22 juta pendengar bulanan per 31 Agustus 2020.

BLACKPINK versus BTS di Spotify

Sumber: Spotify API

Sayangnya, BLACKPINK pernah mengalami titik nadir di Spotify dengan menyentuh angka terendah dengan hanya 8,5 juta pada awal Desember 2019. Sementara BTS tetap konsisten selama satu tahun terakhir di angka 11 sampai 20 juta tanpa pernah anjlok ke angka satu digit.

Data pendengar bulanan selama satu tahun terakhir menghasilkan dua asumsi utama. Asumsi pertama, konsistensi angka BTS diiringi oleh konsistensi konten yang dikeluarkan. Selama satu tahun terakhir, BTS telah merilis satu album Korea, Map of the Soul: 7 yang terdiri dari 19 lagu baru, satu album versi Jepang, dan satu single berbahasa Inggris, Dynamite. Hal ini berbanding terbalik dengan BLACKPINK yang hanya merilis tiga lagu baru, Sour Candy (dengan Lady Gaga), How You Like That, dan Ice Cream (dengan Selena Gomez.

Adu popularitas juga tampak di pemutaran radio berbagai negara (Global AirPlay) dan pendengar bulanan di Spotify. Melalui data 1 Juli hingga 1 Agustus yang diambil dari Soundcharts, dari 52 negara, BTS lebih banyak diputar di radio ketimbang BLACKPINK di 28 negara, termasuk Amerika Serikat, Korea Selatan, Australia, dan Indonesia. Sementara sebaliknya, BLACKPINK lebih banyak diputar di 24 negara seperti Jerman, Cina, Thailand, dan Rusia.

BLACKPINK versus BTS di Radio

Sumber: Soundchart

Meski keduanya tampak sering salip menyalip, BLACKPINK dan BTS punya gaya berbeda dalam mengemas konten. BLACKPINK cenderung lebih jarang merilis lagu dibanding BTS. Kuantitas konten tentu berpengaruh terhadap penguatan fanbase.

Hal ini membuat BLACKPINK hanya mampu meraih pendengar kasual. Dari data fan retention yang membandingkan pendengar bulanan dengan angka pengikut akun di Spotify. Jika kita fokus pada bulan rilis konten, BTS dengan 19 lagu pada Februari-Maret 2020 dan BLACKPINK dengan satu lagu pada akhir Juni-Juli 2020, perbedaannya sangat terasa.

Data dari Soundcharts menunjukkan sekitar 84-93% dari 18-20 juta pendengar bulanan BTS telah dan/atau baru menjadi pengikut akun BTS. Sementara hanya sekitar 58-65% dari 19-22 juta pendengar bulanan BLACKPINK yang telah dan/atau baru menjadi pengikut akun grup tersebut.

Di bulan Agustus, ketika masing-masing merilis satu lagu baru, persentase BTS mencapai 120-140% dari 18-20 juta pendengar bulanan. Angka persentase BLACKPINK juga mulai menanjak, yaitu 60-80% dari 18-20 juta pendengar bulanan.

Tentu bergantung pada pendengar kasual bukan hal yang buruk. Toh selama ini BLACKPINK masih mampu bertahan dalam kejar-kejaran yang seru bersama kawannya itu. Namun harus diakui, memiliki fanbase yang solid seperti BTS akan lebih menguntungkan dalam jangka panjang ketika ingin melihat konsistensi angka.

Terlepas dari perbedaan-perbedaan yang ada, dua grup ini layak diacungi jempol sebagai representasi KPop di tataran global. Dengan pencapaian album-album BTS dan segelintir lagu BLACKPINK, menjadi menarik untuk melihat apakah acara-acara bergengsi seperti GRAMMY berani untuk setidaknya menengok keduanya. Selain meninggalkan kawan-kawan KPop lainnya, permainan kejar-kejaran BTS dan BLACKPINK juga perlahan mengusik dominasi musisi-musisi Barat.

Popularitas Musisi Kpop di Google

Sumber: Google Trend

Berkat keduanya, KPop telah menggapai taraf popularitas yang muskil dicapai musisi generasi sebelumnya. Keduanya sukses melampaui para pendahulu macam Super Junior, Girls Generation (SNSD), dan 2NE1 yang pada tahun 2011 membuka jalan untuk mengibarkan Korea Selatan ke penjuru bumi. Segala simbol kejayaan KPop hari ini adalah soal BLACKPINK dan BTS.

Issue!

BLACKPINK vs BTS

BLACKPINK dan BTS tak pernah mendeklarasikan permusuhan. Adu popularitas antara keduanya hanya konsekuensi dari popularitas melangit yang tumbuh bersama penggemar fanatik.